Download Brosur
Mitsubishi

Berita

Memudahkan Konsumen Sparepart Mitsubishi Bisa Ditemukan di E-Commerce
Juli 28, 2022
Spare Part Mitsubishi

Demi menghadapi perkembangan pasar digital 2022, Mitsubishi kini tengah menyiapkan beberapa strategi. Setelah baru-baru ini mengembangkan dan mensosialisasikan fitur aplikasi My Mitsubishi Motors ID (MMID) di tahun 2021 lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berencana untuk membuka official store spare part Mitsubishi di beberapa e-commerce ternama. 

Pembukaan toko sparepart Mitsubishi online ini bertujuan untuk memberi kemudahan pada konsumen dalam melakukan transaksi suku cadang asli yang dibutuhkan. 

“Kondisi pandemi saat ini adalah yang membuat kami masuk ke e-commerce. Maka seperti ada penggantian untuk menyelamatkan penjualan suku cadang. Target utama adalah orang orang yang melakukan perawatan sendiri di rumah atau bengkel-bengkel,” kata Eiichiro Hamazaki, Director of After Sales Division MMKSI.

Menurut Hamazaki, dengan dibukanya official store di beberapa situs e-commerce menawarkan tantangan tersendiri. Karena MMKSI memastikan bahwa suplai dan stok suku cadang telah siap untuk memenuhi kebutuhan di e-commerce. 

“Untuk strategi kami memang baru satu bulan mulainya. Jadi kami harus memahami demografi konsumen e-commerce. Kami harus menganalisa demografi konsumen. Setelah menganalisa permintaan, kami memahami line up yang dibutuhkan atau sesuai dengan kebutuhan konsumen e-commerce,”ungkap Eiichiro. 

Sembari menunggu aktivasi official store di e-commerce, Mitsubishi sendiri telah menyediakan beberapa sparepart yang bisa ditengok di website resminya. Adapun spare part dan kelengkapan lain yang bisa ditemukan di website mereka antara lain ban untuk mobil Pajero Sport dan Xpander, Lampu Halogen Cool Blue Advance, produk chemical resmi dari Mitsubishi Motors, Genuine Battery, hingga oli. 

Cara Membedakan Spare Part Mitsubishi yang Asli dan Palsu 

Untuk membedakan spare part asli dan palsu dari Mitsubishi, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini. 

Kode dan Nomor Seri  

Setiap barang yang dijual oleh bengkel resmi memiliki nomor seri tertentu. Nomor seri ini akan terdaftar di katalog resmi. Jika Anda melihat ada yang janggal pada kode dan nomor seri ini maka Anda patut curiga. Umumnya tampilan kode yang ada pada spare part palsu lebih ringkih dan mudah hilang. Dari segi cetakan tulisan, umumnya spare part palsu memiliki cetakan yang lebih tipis sehingga mudah hilang. 

Periksa Kondisi Kemasan 

Setelah cek nomor seri, Anda bisa cek bagaimana kemasan spare part tersebut. Kardus kemasan sparepart yang asli biasanya terbuat dari bahan yang lebih tebal dan halus. Kualitas warna dari kardusnya umumnya berwarna lebih terang dan tidak kusam. Sparepart asli umumnya juga memiliki label stiker hologram yang tertempel pada kemasan. Yang harus Anda perhatikan adalah label stiker hologram sparepart asli tidak mudah lepas dan tercetak dengan jelas. 

Kondisi fisik dan spesifikasi sama

Ketika memutuskan untuk membeli sparepart Mitsubishi, Anda harus memeriksa bagaimana kondisi fisiknya. Biasanya pengerjaan sparepart KW atau palsu tidak sempurna, Anda bisa cek bagaimana kerapian kondisi barang. Selain faktor kerapian, Anda juga bisa lihat spesifikasi sparepart tersebut. Cek di website resmi Mitsubishi untuk melihat spesifikasinya. Sebagai contoh, biasanya sparepart asli terbuat dari bahan baja sementara sparepart palsu dibuat dengan material besi biasa. 

Garansi 

Setiap membeli sparepart Mitsubishi jangan lupa untuk menanyakan garansi. Umumnya spare part Mitsubishi asli memiliki garansi waktu yang panjang dan garansi diberikan langsung oleh pihak produsen kendaraan tersebut. Sementara spare part palsu atau KW hanya diberi garansi toko.