Download Brosur
Mitsubishi

Tips Berkendara

Cara Penggunaan Seat Belt dengan Tepat
Desember 14, 2021

Salam hangat, Sahabat Mitsubishi Lautan Berlian.

Perkembangan teknologi saat ini semakin dinamis, terlebih dengan adanya transformasi digital dalam dunia bisnis yang menuntut perusahaan mampu beradaptasi agar tetap bisa menjalin koneksi yang erat dengan para customer-nya.

Begitupun kami. Kini kami hadir menemani Anda semua dalam versi digital setelah sebelumnya terbit dengan 10 edisi dalam bentuk majalah cetak. Dengan kehadiran kami di ranah digital, kami berharap agar kami bisa lebih terkoneksi dengan Anda sekaligus meningkatkan pelayanan demi memberikan yang terbaik untuk Anda.

Kami akan berbagi informasi seputar berita, tips, tren otomotif, isu terkini, info tentang produk Mitsubishi, dan masih banyak lagi, untuk bisa Anda nikmati sembari menemani waktu luang Anda.

Untuk itu, selamat menikmati konten digital kami! Semoga kehadiran kami dengan wajah baru ini bisa menyenangkan hari Anda dan membantu menemukan apa yang Anda cari seputar dunia otomotif.

Cara Tepat Memasang Seat Belt: Wajib Tahu!

Seat belt merupakan salah satu elemen terpenting saat Anda mengendarai mobil, baik jarak dekat atau jarak jauh. Tapi pada prakteknya, hal ini masih banyak disepelekan dan dianggap tak terlalu penting. Padahal, banyak kasus kecelakaan lalu lintas yang menelan korban jiwa karena ketidakpahaman masyarakat tentang penggunaan seat belt yang tepat.

Tahukah Anda, sebuah survei menjelaskan bahwa penumpang yang duduk di salah satu kursi depan mobil dan mengalami kecelakaan sedang hingga cukup berat namun memasang seat belt, risiko cedera fatalnya berkurang hingga 45 persen, dan risiko cedera sedang sampai kritis berkurang hingga 50 persen. Sedangkan jika penumpang mengalami kecelakaan ringan, seat belt akan membantu mengurangi risiko cedera fatal hingga 60 persen, dan mengurangi risiko cedera sedang sampai kritis hingga 65 persen.

Inilah yang harus dipahami oleh para pengendara mobil. Tak ada yang bisa bermain-main dengan nyawa, apapun bisa diantisipasi. Lantas bagaimana sih cara tepat memasang seat belt? Setidaknya ada 3 hal: RENDAH, RAPAT, dan RATA.

Rendah
Anda wajib menyetel ukuran seat belt serendah mungkin, agar posisi seat belt tepat terletak di pundak. Posisi seat belt yang tepat menentukan keamanan dan keselamatan Anda di jalan.

Rapat
Pastikan seat belt menempel erat pada tubuh. Seandainya terjadi kecelakaan, tubuh tidak memiliki ruang gerak yang bisa membuat Anda cedera. Fungsi kerapatan seat belt jangan sampai kendur.

Rata
Anda wajib memastikan posisi seat belt tidak terpelintir dan posisinya harus rata melindungi tubuh. Seat belt harus berada di bawah perut atau melingkari panggul. Jangan sampai salah karena bisa fatal.

Intinya, tahapannya adalah pengemudi duduk cukup bersandar dengan rileks, pasang seat belt dan pastikan terkunci dengan baik. Rasakan kekencangannya, pastikan melingkari panggul dan tidak ada bagian seat belt yang terpelintir.

Hanya 3 poin tapi krusial. Kenapa? Karena ini menyangkut keselamatan dan nyawa Anda sendiri. Bertaruh nyawa hanya karena tidak memahami cara memasang seat belt yang tepat adalah sebuah keteledoran yang sangat berisiko.

Sumber:
https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/11/101200615/banyak-yang-belum-tahu-bagaimana-cara-menggunakan-sabuk-pengaman.
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200812110810-389-534801/cara-memakai-sabuk-pengaman-mobil-dengan-benar-dan-aman.